top of page
Search
  • Writer's pictureDewan Perwakilan Mahasiswa FIA Unkris

MASA SIDANG II DPM FIA UNKRIS

JAKARTA-Sidang paripurna pembukaan Masa sidang II DPM FIA UNKRIS dilaksanakan pada tanggal 25 JUNI 2019 bertempat diruang 7 MIA UNKRIS, Masa Sidang II DPM FIA UNKRIS dilaksanakan 25 JUNI - 31 JULI 2019.

Masa Sidang adalah masa dimana Anggota DPM FIA Unkris bekerja di berbagai aktivitas mulai dari kegiatan rapat-rapat bersama Departemen terkait serta Rapat Internal DPM FIA Unkris sampai dengan menerima dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa. Pada Sidang Paripurna pembukaan masa sidang yang sudah disahkan DPM FIA Unkris akan menjalankan tugas yang sudah diagendakan dan sudah ditetapkan selama masa sidang berlangsung.

Dalam masa sidang setiap Pengurus DPM FIA Unkris membuat agenda untuk satu masa sidang yang akan dijalankan selama masa sidang berlangsung. Setiap agenda dimasa sidang komisi melakukan Rapat Dengar Pendapat( RDP ) bersama Departemen terkait dan menjalankan agenda yang sudah ditetapkan karna setiap komisi pasti mempunyai agenda rutin yang harus dijalankan dengan baik selama masa sidang. Dalam fungsi Legislasi, DPM FIA UNKRIS merancang Peraturan Mahasiswa Fakultas (PERMAFA) tentang Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM). Rancangan Permafa tersebut diusul oleh komisi II (Bidang Kemahasiswaan dan Pengabdian pada masyarakat) yang selanjutnya didraft oleh badan legislasi (BALEG). Rancangan permafa Pengabdian Kepada Masyarakat ( PPM ) bermaksud untuk membuat dasar atau panduan didalam menyusun kebijakan serta landasan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat dan juga memberikan arahan yang baik dan efisien guna BEM FIA UNKRIS menjalankan suatu program kerja dan/atau agenda kegiatan BEM FIA UNKRIS yang bersifat sosial. Dengan mengundang BEM dan DPM FIA UNKRIS dalam sidang paripurna pengesahan rancangan permafa Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang dilaksanakan pada hari, Jumat 26 Juli 2019 bertempat di Ruang Sidang MIA UNKRIS.

Dalam fungsi budgeting dan pengawasan, DPM FIA UNKRIS membuat rapat kerja dengan BEM FIA UNKRIS yang dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Juli 2019. Setiap Departemen memaparkan program kerja BEM FIA dalam satu periode yang dimana setiap program kerja tersebut harus menyertakan ouput, outcome, parameter keberhasilan, pelaksanaannya, dan estimasi anggaran. Lalu dilanjutkan dengan komisi memberikan mandat kepada Departemen terkait. Pada rapat kerja ke-2 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Juli 2019. Lalu dari komisi memaparkan hasil kajian program kerja dari departemen terkait dan begitu pun sebaliknya dari departemen memberikan hasil kajian mandat yang diberikan komisi kepada departemen. Rapat kerja bertujuan untuk membahas rencana program kerja BEM FIA UNKRIS dalam satu periode, perencanaan sebisa mungkin harus mengacu pada Perencanaan ini mengacu pada kurikulum LLDIKTI tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga melibatkan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi guna untuk membantu Fakultas maupun Universitas dalam memperbaiki Akreditas.

Penutupan Masa Sidang II DPM FIA UNKRIS dilaksanakan pada tanggal 01 Agustus 2019 bertempat diruang 2 FIA UNKRIS, dengan dibacakan nya ketetapan penutupan masa sidang II dan dilanjutkan dengan evaluasi selama masa sidang berlangsung, terkait apa saja kelebihan maupun kekurangan baik dari anggota Pengurus DPM FIA Unkris maupun Ketua umum dan Wakil ketua dan juga anggota DPM FIA UNKRIS. Setelah itu ditetapkannya Masa Reses kepengurusan DPM FIA UNRKIS pada tanggal 2–7 Agustus 2019. Selama Masa Reses berlangsung DPM FIA Unkris melakukan kegiatan di luar masa sidang, seperti anggota DPM terjun langsung ke mahasiswa, baik yang dilakukan perseorangan maupun kelompok dalam tujuan menjaring aspirasi dari mahasiswa yang nantinya aspirasi yang di sampaikan dari mahasiswa akan dibawa ke dalam masa sidang untuk di kaji oleh Anggota DPM FIA Unkris dan aspirasi tersebut di mediasi terlebih dahulu sebelum dibawa ke dalam rapat internal untuk dibuat kebijakan.

13 views0 comments

Comments


bottom of page