top of page
Search
  • Writer's pictureDewan Perwakilan Mahasiswa FIA Unkris

KUNJUNGAN STUDI BANDING DPM FIA UNKRIS DENGAN SEMA FISIP UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

JAKARTA- Seluruh pengurus DPM FIA Unkris melakukan kunjungan Studi Banding ke SEMA FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Senin, 18 November 2019 . Kunjungan ini dilakukan dalam rangka agenda Komisi I DPM FIA Unkris dengan Ketua Pelaksana yaitu Gema Putra. Tujuan dari kegiatan Studi Banding ini adalah untuk membangun silahturahmi antar lembaga, serta sharing dalam pengelolaan organisasi yang ada di kedua kampus tersebut.

Ketua DPM FIA Unkris mengatakan kegiatan Studi Banding dilaksanakan selain ajang silahturahmi antar lembaga, juga diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta dapat mengetahui lebih jauh tentangHimpunan Mahasiswa. Kedatangan DPM FIA Unkris pun disambut baik oleh SEMA,DEMA, dan HMJ FISIP UIN Syarif Hidayatullah serta Wakil Dekan III FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sesi pertama pengenalan antar masing-masing lembaga yang ada di DPM FIA maupun di FISIP UIN. Masing-masing lembaga menjelaskan beberapa program unggulan, dan tupoksi lembaga mereka. Saat sesi Penyampaian Organisasi, Fungsi & Kinerja dari setiap lembaga Menjelaskan struktur organisasi, Program Kerja yang sudah dijalankan, Mekanisme Pengawasan, Sistem Kerja, serta Fungi dan Tujuan.Setelah makan siang dan Ishoma acara dilanjutkan dengan sesi Forum Group Disscusion “ Pengelolaan Organisasi dan Mengatasi Dinamika Berorganisasi”. DPM FIA Unkris pun menanyakan seputar Himpunan mengenai mekanisme maupun alur birokrasinya kepada SEMA,DEMA, dan HMJ FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perwakilan dari mereka pun menjawab yaitu Himpunan yang ada di FISIP UIN Syarif Jakarta yaitu alur birokrasinya HMJ dibawah DEMA dan alur administrasinya sesuai jurusan, untuk teknis pemilihannya pakai Pemilu Raya (PEMIRA) dengan cara dipilih atau voting. Hambatannya pun dimasalah SDM, Waktu Pelaksanaannya pun terkadang bentrok dengan kegiatan yang lain dan dibentuknya Himpunan guna memudahkan Prodi terhadap hubungan ke mahasiswa. SEMA, DEMA, dan HMJ FISIP setara dan saling berkoordinasi. Antar Lembaga pun juga saling Sharing mengenai alur maupun mekanisme organisasi setiap kedua kampus tersebut seperti Pemilihan Raya ( PEMIRA ).

Sesi Forum Group Disscusion mengenai “Pengelolaan Organisasi dam Mengatasi Dinamika Berorganisasi” diakhiri karena sangat terbatasnya waktu. Usai Sharing antar lembaga kegiatan Studi Banding diakhiri dengan penyerahan berupa Plakat dari Ketua Pelaksana Studi Banding kepada SEMA FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berakhir dengan sesi Foto Bersama dengan seluruh peserta Studi Banding.

“Dengan adanya studi banding ini, saya berharap rekan-rekan DPM FIA Unkris bisa mengambil ilmu yang didapat, dan mungkin beberapa hal bisa diterapkan di FIA Unkris “Ujar Gema, Ketua Pelaksana.

15 views0 comments

Comments


bottom of page